Loading...

Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Cara Agar Lolos Wawancara Kerja - Hallo sahabat CPNS LOWONGAN KERJA BUMN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Agar Lolos Wawancara Kerja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BUMN, Artikel CPNS, Artikel LOWONGAN KERJA, Artikel LOWONGAN KERJA PABRIK, Artikel PART TIME, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Agar Lolos Wawancara Kerja
link : Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Baca juga


Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Loading...
Interview Kerja - Anda sudah tentu tahu apa dan bagaimana pelaksanaan interview. Hanya saja agar mudah diterima saat interview, mungkin banyak yang belum tahu, apalagi yang baru lulus kuliah dan baru mau coba-coba cari kerja. Oleh karena itu tips agar lolos wawancara kerja, ini penting sekali diketahui buat yang belum diterima bekerja di perusahaan manapun, ataupun mungkin yang sudah bekerja dan mau mencoba kesempatan kerja di perusahaan lain.

Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Cara agar mudah lolos interview kerja :

1. Perlihatkan kalau Anda mempunyai percayaan diri yang tinggi.
Untuk sekarang ini, kemampuan seperti ini yang paling diutamakan oleh perusahaan, terutama yang nanti bidangnya akan bersinggungan dengan orang banyak. Seperti marketing, teller, customer service, publik relation dan sebagainya. Nah jika satu modal ini tidak dimiliki, maka besar kemungkinan, bahwa Anda akan sulit lolos tahapan tes masuk kerja interview ini.

Percaya diri, dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar, tapi juga kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan kepada karyawan. Semakin percaya diri, maka akan semakin merasa bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. Dan bahkan seseorang dengan karakter demikian, jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Sebaliknya jika seseorang kurang percaya diri, maka ia akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak pekerjaan yang terbengkalai karenanya. Belum lagi soal deadline dan target yang dibebankan, bila ia kurang memiliki self confidence yang baik, sudah pasti dia akan selalu pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang dihadapi.

2. Jangan Pernah memberi jawaban tidak
seringkali saat kita menghadapi tes interview, maka sipenguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang Anda miliki. Misalnya saja ditanya, bisa komputer atau bisa menggunakan program komputer seperti power point dan sebagainya. Nah kalau Anda mendapat pertanyaan interview seperti ini, maka pastikan untuk tidak menjawab TIDAK, nah sekali Anda menjawab demikian, maka sipenguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu. Dan bahkan bisa jadi, ia jadi sudah bisa memutuskan dalam hati, bahwa Anda tidak layak diterima kerja. Dan juga pasti selanjutnya, tidak akan ada lagi panggilan untuk proses pelamaran kerja berikutnya, seperti mengenai gaji perbulan dan lain-lain. Karena mungkin sudah dianggap gugur.

Lalu bagai mana solusinya ? Jika memang tidak tahu sama sekali, apakah harus bohong ?. Jadi begini, caranya adalah cukup katakan bisa dan urusan selanjutnya adalah tinggal Anda mati-matian belajar dari buku. Apalagi cuman mau belajar program seperti power point, yang hanya butuh 1 minggu saja untuk bisa paham penggunaannya. Selanjutnya belajar sambil jalan saja, saat sudah resmi jadi karyawan. Sama halnya dengan bahasa inggris, saat ini juga banyak perusahaan mensyaratkan harus bisa minimal pasif. Padahal saat bekerja, terkadang tidak dipergunakan sama sekali.

Selain keterampilan yang ditunjukkan tadi, ada 1 lagi juga yang dibutuhkan yaitu paham dan bisa cara mengetik 10 jari. Ini diperlukan sekali, karena menyangkut soal kecepatan kerja karyawan dalam menjalankan tugas setiap harinya.

3. Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan
Pada masalah ini, banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu, bahwa sebenarnya, orang yang menjawab bertele-tele, malah akan mendapat penilain buruk dari penguji atau kabag HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Diantaranya efeknya adalah akan dianggap tidak tegas dan jago ngeles. Untuk itu sebaiknya jawab saja seadanya, kalau memang mau lolos interview dengan mudah dan bisa mendapatkan pekerjaan.

Jika seandainya hanya jawaban ya atau tidak yang diminta, maka jawab saja seperti itu. Tidak usah malah panjang lebar, yang membuat kamu sulit sendiri. Kecuali jika memang jika diminta langsung dari HRDnya, maka barulah Anda bisa menjawab dengan lengkap dan detail. Misalnya saja “Apakah kamu pernah bekerja ditempat lain ?”. Maka jawab saja “Iya”, jika memang benar demikian. Baru ditambah penjelasan jika ada pertanyaan selanjutnya.

4. Berikan alasan keluar kerja dari perusahaan sebelumnya, yang sifatnya positif.
Ini juga penting sekali dilakukan jika memang baru resign dari perusahaan lain, maka sedapat mungkin berikan alasan yang tidak membuat memberikan penilaian yang negatif dari penguji. Misalnya, keluar kerja karena alasan pindah tempat dan karena jauh, jadi harus keluar. Atau karena perusahaan sebelumnya tutup atau lainya. Yang penting tidak menimbulkan penilain negatif pada kepribadian Anda.

Adapun jawaban yang tidak baik, misalnya, keluar kerja karena sudah malas kerja ditempat tersebut, karena sudah melakukan kesalahan, hingga harus dikeluarkan tanpa hormat, dan lainnya, yang jika disampaikan kepada orang lain, maka Anda akan dinilai memiliki sifat yang buruk. Nah biar tidak kaget dan bisa mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja,  maka ada baiknya tahu persis, apaja saja contoh pertanyaan interview kerja, beserta jawabannya.

5. Apa motivasi Anda bekerja.
Kalau ditanya soal motivasi kerja, maka berilah jawaban yang sesuai bidang yang kamu lamar. Misalnya saja melamar jadi penulis disuatu penerbit. Maka bilangsaja, kalau kamu hobi menulis dan senang dengan pekerjaan tersebut. Jangan sampai memberi alasan yang buruk, misal karena terpaksa, jadi melamar di perusahaan Bapak. Atau apalah yang malah membuat Anda dinilai sebagai calon karyawan yang buruk.

6. Saat tawar menawar gaji, berikan jawaban yang normatif
Normatif maksudnya adalah bahwa jawaban yang Anda berikan tidak secara spesifik, menjawab pertanyaan dari kepala bagian Kepegawaian yang biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya, “Berapa gaji yang Anda inginkan ?”. Maka cukup bilang sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja. Tidak usah berikan jawaban muluk-muluk, jangan sampai ngotot memberi gaji yang sesuai jumlah yang Anda minta, karena sudah pasti Anda akan dinyatakan tidak layak jadi karyawan baru di perusahaan tersebut, karena dianggap banyak maunya dan suka nuntut.

Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Mengenai cara agar mudah lolos interview kerja tadi, maka pastikan Anda tidak mengabaikan soal, jangan memberi jawaban tidak, dan juga mengenai motivasi Anda bekerja untuk apa. Karena ini akan sangat menentukan, layak tidaknya seorang pelamar, diterima sebagai karyawan resmi. Selain itu, selalu berdoa dan latihan sebelum hari H.

Adalah salah satu kunci penting, jika ingin berhasil diterima kerja di perusahaan yang Anda lamar, karena walau telah sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi tidak disertai dengan ridho Tuhan, maka bisa jadi usaha kita, akan sia-sia saja. Dan terakhir, tetaplah semangat walau nanti Anda gagal, karena masih ada kesempatan di tempat lain. Dan bisa jadi, tuhan telah menyediakan tempat yang lebih baik untuk Anda di perusahaan lain.
Interview Kerja - Anda sudah tentu tahu apa dan bagaimana pelaksanaan interview. Hanya saja agar mudah diterima saat interview, mungkin banyak yang belum tahu, apalagi yang baru lulus kuliah dan baru mau coba-coba cari kerja. Oleh karena itu tips agar lolos wawancara kerja, ini penting sekali diketahui buat yang belum diterima bekerja di perusahaan manapun, ataupun mungkin yang sudah bekerja dan mau mencoba kesempatan kerja di perusahaan lain.

Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Cara agar mudah lolos interview kerja :

1. Perlihatkan kalau Anda mempunyai percayaan diri yang tinggi.
Untuk sekarang ini, kemampuan seperti ini yang paling diutamakan oleh perusahaan, terutama yang nanti bidangnya akan bersinggungan dengan orang banyak. Seperti marketing, teller, customer service, publik relation dan sebagainya. Nah jika satu modal ini tidak dimiliki, maka besar kemungkinan, bahwa Anda akan sulit lolos tahapan tes masuk kerja interview ini.

Percaya diri, dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar, tapi juga kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan kepada karyawan. Semakin percaya diri, maka akan semakin merasa bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. Dan bahkan seseorang dengan karakter demikian, jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Sebaliknya jika seseorang kurang percaya diri, maka ia akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak pekerjaan yang terbengkalai karenanya. Belum lagi soal deadline dan target yang dibebankan, bila ia kurang memiliki self confidence yang baik, sudah pasti dia akan selalu pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang dihadapi.

2. Jangan Pernah memberi jawaban tidak
seringkali saat kita menghadapi tes interview, maka sipenguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang Anda miliki. Misalnya saja ditanya, bisa komputer atau bisa menggunakan program komputer seperti power point dan sebagainya. Nah kalau Anda mendapat pertanyaan interview seperti ini, maka pastikan untuk tidak menjawab TIDAK, nah sekali Anda menjawab demikian, maka sipenguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu. Dan bahkan bisa jadi, ia jadi sudah bisa memutuskan dalam hati, bahwa Anda tidak layak diterima kerja. Dan juga pasti selanjutnya, tidak akan ada lagi panggilan untuk proses pelamaran kerja berikutnya, seperti mengenai gaji perbulan dan lain-lain. Karena mungkin sudah dianggap gugur.

Lalu bagai mana solusinya ? Jika memang tidak tahu sama sekali, apakah harus bohong ?. Jadi begini, caranya adalah cukup katakan bisa dan urusan selanjutnya adalah tinggal Anda mati-matian belajar dari buku. Apalagi cuman mau belajar program seperti power point, yang hanya butuh 1 minggu saja untuk bisa paham penggunaannya. Selanjutnya belajar sambil jalan saja, saat sudah resmi jadi karyawan. Sama halnya dengan bahasa inggris, saat ini juga banyak perusahaan mensyaratkan harus bisa minimal pasif. Padahal saat bekerja, terkadang tidak dipergunakan sama sekali.

Selain keterampilan yang ditunjukkan tadi, ada 1 lagi juga yang dibutuhkan yaitu paham dan bisa cara mengetik 10 jari. Ini diperlukan sekali, karena menyangkut soal kecepatan kerja karyawan dalam menjalankan tugas setiap harinya.

3. Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan
Pada masalah ini, banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu, bahwa sebenarnya, orang yang
Loading...
menjawab bertele-tele, malah akan mendapat penilain buruk dari penguji atau kabag HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Diantaranya efeknya adalah akan dianggap tidak tegas dan jago ngeles. Untuk itu sebaiknya jawab saja seadanya, kalau memang mau lolos interview dengan mudah dan bisa mendapatkan pekerjaan.

Jika seandainya hanya jawaban ya atau tidak yang diminta, maka jawab saja seperti itu. Tidak usah malah panjang lebar, yang membuat kamu sulit sendiri. Kecuali jika memang jika diminta langsung dari HRDnya, maka barulah Anda bisa menjawab dengan lengkap dan detail. Misalnya saja “Apakah kamu pernah bekerja ditempat lain ?”. Maka jawab saja “Iya”, jika memang benar demikian. Baru ditambah penjelasan jika ada pertanyaan selanjutnya.

4. Berikan alasan keluar kerja dari perusahaan sebelumnya, yang sifatnya positif.
Ini juga penting sekali dilakukan jika memang baru resign dari perusahaan lain, maka sedapat mungkin berikan alasan yang tidak membuat memberikan penilaian yang negatif dari penguji. Misalnya, keluar kerja karena alasan pindah tempat dan karena jauh, jadi harus keluar. Atau karena perusahaan sebelumnya tutup atau lainya. Yang penting tidak menimbulkan penilain negatif pada kepribadian Anda.

Adapun jawaban yang tidak baik, misalnya, keluar kerja karena sudah malas kerja ditempat tersebut, karena sudah melakukan kesalahan, hingga harus dikeluarkan tanpa hormat, dan lainnya, yang jika disampaikan kepada orang lain, maka Anda akan dinilai memiliki sifat yang buruk. Nah biar tidak kaget dan bisa mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja,  maka ada baiknya tahu persis, apaja saja contoh pertanyaan interview kerja, beserta jawabannya.

5. Apa motivasi Anda bekerja.
Kalau ditanya soal motivasi kerja, maka berilah jawaban yang sesuai bidang yang kamu lamar. Misalnya saja melamar jadi penulis disuatu penerbit. Maka bilangsaja, kalau kamu hobi menulis dan senang dengan pekerjaan tersebut. Jangan sampai memberi alasan yang buruk, misal karena terpaksa, jadi melamar di perusahaan Bapak. Atau apalah yang malah membuat Anda dinilai sebagai calon karyawan yang buruk.

6. Saat tawar menawar gaji, berikan jawaban yang normatif
Normatif maksudnya adalah bahwa jawaban yang Anda berikan tidak secara spesifik, menjawab pertanyaan dari kepala bagian Kepegawaian yang biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya, “Berapa gaji yang Anda inginkan ?”. Maka cukup bilang sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja. Tidak usah berikan jawaban muluk-muluk, jangan sampai ngotot memberi gaji yang sesuai jumlah yang Anda minta, karena sudah pasti Anda akan dinyatakan tidak layak jadi karyawan baru di perusahaan tersebut, karena dianggap banyak maunya dan suka nuntut.

Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Mengenai cara agar mudah lolos interview kerja tadi, maka pastikan Anda tidak mengabaikan soal, jangan memberi jawaban tidak, dan juga mengenai motivasi Anda bekerja untuk apa. Karena ini akan sangat menentukan, layak tidaknya seorang pelamar, diterima sebagai karyawan resmi. Selain itu, selalu berdoa dan latihan sebelum hari H.

Adalah salah satu kunci penting, jika ingin berhasil diterima kerja di perusahaan yang Anda lamar, karena walau telah sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi tidak disertai dengan ridho Tuhan, maka bisa jadi usaha kita, akan sia-sia saja. Dan terakhir, tetaplah semangat walau nanti Anda gagal, karena masih ada kesempatan di tempat lain. Dan bisa jadi, tuhan telah menyediakan tempat yang lebih baik untuk Anda di perusahaan lain.


Demikianlah Artikel Cara Agar Lolos Wawancara Kerja

Sekianlah artikel Cara Agar Lolos Wawancara Kerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Agar Lolos Wawancara Kerja dengan alamat link https://cpns-lowongankerjabumn.blogspot.com/2017/03/cara-agar-lolos-wawancara-kerja.html

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Cara Agar Lolos Wawancara Kerja"

Posting Komentar

Loading...